Survei LS Vinus : Elektabilitas Ilham Habibie dekati Ridwan Kamil

survei-ls-vinus-elektabilitas-ilham-habibie-dekati-ridwan-kamil . (net)

Tridinews.com - Menjelang Pemilihan Gubernur 2024, nama-nama calon gubernur dan calon wakil gubernur mulai muncul ke permukaan.

Salah satunya, Ilham Habibie yang memperoleh rekomendasi untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub) dari Partai NasDem.

Meski Habibie baru sekitar 2 minggu muncul, berdasar survei Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) elektabilitas Ilham Habibie cukup tinggi.

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Visi Nusantara Maju, Yusfitriadi mengungkapkan, berdasar hasil survei LS Vinus bahwa elektabilitas calon Gubernur Jabar pilihan masyarakat Kota Bogor di posisi pertama ada Ridwan Kamil dengan 20 persen.

Selanjutnya, Ilham Habibie 19,50 persen, Bima Arya 12,75 persen, Dedi Mulyadi 12,25 persen.

Selanjutnya, Deddy Mizwar 9,75 persen, Dede Yusuf Macan Effendi 3,25 persen, Desy Ratnasari 2,75 persen, Mochamad Iriawan: 2,13 persen, Rhesa Yogaswara 2,00 persen dan Ono Surono 1,88 persen.

"Saya melihatnya minimal ada 3 faktor. Pertama, sosok baru yang belum terkontaminasi politik," ungkap Yusfitriadi pada Kamis (20/6).

Lebih lanjut ia mengatakan, sangat mungkin masyarakat juga jenuh disodorkan nama-nama lama yang sudah malang melintang di dunia politik.

Bahkan, kata dia, bisa jadi masyarakat berkeinginan melawan dominasi figur politik yang sudah bisa diprediksi banyak orang seperti Ridwan Kamil.

Kedua, memanfaatkan poros tengah. "Energi publik jelas dihabiskan dalam konflik di antara dua sisi kekuatan politik di Jawa Barat yakni koalisi presiden terpilih dan kekuatan politik Megawati," tuturnya.

Menurut dia, ketika muncul sosok alternatif yang mempunyai nama besar serta mempunyai karakter kecerdasan, maka masyarakat diberikan pilihan alternatif.

Ketiga, nama besar BJ Habibie.

Ilham Habibie dibolak-balik seperti apapun tidak mungkin bisa dilepaskan dari nama besar BJ Habibie.

"Kita semua menyadari bahwa BJ Habibie bukan hanya mantan presiden tetapi juga simbol kecerdasan bangsa Indonesia," jelasnya.

Tidak sedikit anak-anak kecil yang bercita-cita menjadi seperti BJ Habibi.

Tidak hanya itu, karya besar BJ Habibie dalam bidang kedirgantaraan merupakan tonggak sejarah kemandirian dirgantara Indonesia.

Bahkan, pada sisi keluarganya pun sangat menjadi tauladan bagi semua anak bangsa, sampai dibuatkan film Habibie dan Ainun. 


Editor: redaktur

Komentar